Searching in Blog

Telaga Menjer, Wonosobo




Sebelum memasuki kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, terdapat sebuah tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan dataran Tinggi Dieng. Objek wisata ini adalah Telaga Menjer yang berada di kaki pegunungan Dieng. Telaga Menjer terletak di desa Menjer, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Lokasinya berada 12km dari kota Wonosobo, rutenya bisa dibilang cukup mudah, namun sering terlewatkan karena minimnya informasi untuk menuju kesana. Setelah melewati pasar Garung dan PLTA Garung anda bisa mengambil jalan ke kiri.

Di sana, aktivitas turis manca maupun turis lokal sangat sedikit, mungkin karena memang masih minimnya infromasi untuk  menuju kesana. Suasananya yang asri dan sunyi dan hanya diiringi oleh suara - suara alam menambah indahnya hari itu. Telaga Menjer sendiri berada di ketinggiaan sekitar 1300m dari permukaan laut dengan luas sekitar 70Ha dan kedalaman 45m. Karena ketinggian inilah hawa disana cukup sejuk.
Menurut Informasi, pada tahun 1980 telaga ini sempat dikuras karena ada kencenderungan dibagian bawah mengalami kebocoran. Dengan bantuan tenaga ahli dari Rusia untuk pengurasannya, dan kemudian tenaga ahli dari Jepang untuk pembangunan PLTA.

Kondisinya yang masih belum terjamah dan bersih pula menyebabkan tidak adanya fasilitas - fasilitas bagi turis yang ingin singgah dan duduk - duduk untuk menikmati pemandangan. Tentunya bila pemerintah daerah melihat peluang ini, Telaga Menjer bisa menjadi salah satu obyek wisata yang potensial.

Biaya masuknya pun hanya Rp 2000. Disana ada kawasan luas, cocok untuk sarana bermain dan outbond. Jika ingin ke telaganya, kita tinggal menuruni anak tangga dari batu. Di hadapan mata, terhampar
bukit hijau memagari telaga. Lebatnya pohon pinus menambah hawa sejuk sekitar telaga.

~ 0 comments: ~

~ Post a Comment ~

Popular Posts

Maira PhotoWork. Powered by Blogger.

Flickr

About

LATEST POSTS